The Body Shop Luncurkan Cruelty Free Campaign dan Cruelty Free Make Up Series

Masih dalam semangat kecantikan Beauty with Heart, The Body Shop® secara global melanjutkan komitmennya terhadap nilai yang telah lama dipegang yaitu Against Animal Testing  dengan meluncurkan Cruelty Free Campaign sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Cruelty Free International  dalam mengajak semua pihak untuk menghentikan uji coba kosmetik (kekejaman) pada binatang. Peluncuran Cruelty Free Campaign dan Cruelty Free Make Up Series di Indonesia digelar  Rabu (24/10) di Jakarta.

Hadir sebagai pembicara dalam peluncuran Cruelty Free Campaign, Rika Anggraini, Corporate Social & Environmental Values Manager The Body Shop® Indonesia, Ratna Dewi, Product Category Make Up Manager The Body Shop® Indonesia, Ilya  Kamelia, Make Up and Skin Care Expert The Body Shop® Indonesia, serta artis dan model professional muda Indonesia yang mendukung kampanye Cruelty Free Internasional yaitu Rachel Amanda, Tya Ariestya, dan Laura Muljadi.

Kampanye ini merupakan bentuk dukungan terhadap Cruelty Free International dalam menghentikan uji coba kosmetik terhadap binatang di seluruh dunia. Menurut data yang diperoleh dari Cruelty Free International, sekitar 80 persen perusahaan kosmetik dunia masih melakukan uji coba produknya terhadap binatang. Uji coba dilakukan dua kali, yaitu uji coba terhadap bahan penyusunnya (sebelum diproduksi) dan sebelum dijual (setelah diproduksi).

Rika Anggraini mengatakan The Body Shop® telah sejak lama menentang uji coba terhadap binatang (against animal testing) yang menjadi salah satu nilai dasar The Body Shop® sebagai green and ethical beauty brand. ”The Body Shop® percaya bahwa uji coba terhadap binatang adalah bentuk kekejaman yang tidak perlu terjadi. Binatang tidak perlu mengalami penderitaan dalam proses pengembangan kosmetik ataupun juga untuk membuat perempuan menjadi cantik” kata Rika.

The Body Shop® memperjuangkan kampanye anti uji coba terhadap binatang dengan semua produk The Body Shop® tidak menggunakan binatang untuk uji coba, dan tidak menggunakan unsur-unsur binatang dalam semua produk make up nya. “The Body Shop meyakini bahwa untuk menjadi cantik adalah sebuah keputusan yang etis (ethical decision) dengan memilih kosmetik yang cruelty free atau tidak melakukan uji coba (kekejaman) terhadap binatang,” ujar Rika.

Ratna Dewi Product Category Make Up Manager The Body Shop® Indonesia mengatakan bahwa rangkaian make up The Body Shop® merupakan 100% Cruelty Free Make Up, termasuk juga didalamnya rangkaian Limited Edition Lily Cole Make Up Series.”Artinya bahwa, seluruh rangkaian make up  The Body Shop® tidak diujicobakan kepada binatang dan tidak menggunakan bagian-bagian tubuh dari binatang seperti cangkang kepik untuk pewarna lipstick, bulu binatang untuk brush atau kuas kosmetik, dan juga cangkang kerang untuk shimmer.” kata dia.

Selain menjadi obyek percobaan, beberapa bagian tubuh binatang itu juga digunakan sebagai bahan baku kosmetik. Misal, cangkang kepik merah (lady bug) untuk pewarna lipstik, bulu kuda poni untuk kuas kosmetik, ataupun cangkang kerang untuk shimmer.

Sebagai pengganti uji coba terhadap binatang, The Body Shop yang sudah memulai perlawanan uji coba binatang sejak tahun 1996, menggunakan episkin (kulit sintetis yang dibuat menyerupai kulit manusia). Sedangkan untuk membuat bulu kuas, The Body Shop menggunakan helaian nilon sintetis yang sangat lembut.

The Body Shop® telah memulai perlawanan mengenai uji coba terhadap binatang sejak 1996, saat The Body Shop® menggalang petisi Against Animal Testing  (petisi anti uji coba kosmetik terhadap binatang). Saat itu The Body Shop® berhasil menggalang dukungan 4 juta orang yang diserahkan ke European Commission. “Pada 2012 ini The Body Shop® mendukung kampanye Cruelty Free International, suatu gerakan Internasional untuk mengkampanyekan anti kekejaman terhadap binatang yang telah diikuti oleh berbagai kalangan di berbagai Negara. The Body Shop® mengajak customers dan public untuk ikut mendukung kampanye ini dengan cara menandatangani pledge yang tersedia diseluruh stores The Body Shop®  mulai Kami 25 Oktober 2012 ,” kata Rika.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Mengikuti Kursus Seminar dan Workshop Kecantikan Makeup

4 Tren Make Up Saat Pandemi COVID 19